Telinga Manusia Ada 3 Bagian Yang Harus Kamu Tau

Posted on

Telinga manusia adalah salah satu panca indera manusia yang berfungsi untuk mendengar. Telinga sangatlah penting dalam kehidupan ini. karena dengan mendengar kita bisa belajar dan mensyukuri nikmat Allah. Maka kita harus menjaga telinga kita dengan baik dan memanfaatkannya dengan baik. saat belajar di sekolah kita harus benar benar mendengarkan materi pelajaran yang di sampaikan bapak ibu guru kita. karena dengan mendengar kita mendapatkan ilmu dari bapak ibu guru sehingga kelak akan ada manfaatnya baik dalam waktu dekat maupun waktu lama. maka saat belajar baik di sekolah maupun saat belajar dengan orang tua teman maupun di bimbingan belajar seperti SSC ( SONY SUGEMA COLLEGE ) Bimbingan belajar terpercaya dan terbukti menyukseskan putra putri bapak ibu. mari kita belajar tentang telinga dan bagian bagiannya.

 

 

 

telinga manusia
telinga manusia

A. Bagian-bagian Telinga Manusia

Telinga dibagi menjadi 3 Bagian yaitu :

  1. Telinga Luar
    Fungsinya untuk mengumpulkan dan menangkap getaran suara. Terdiri dari:
    ✅ Daun telinga berfungsi mengumpulkan dan menangkap getaran suara.
    ✅ Lubang telinga berfungsi sebagai jalan masuknya bunyi kedalam telinga.
    ✅ Liang pendengaran berfungsi sebagai saluran masuknya bunyi ke dalam telinga.
    ✅ Kelenjar minyak berfungsi untuk menyaring kotoran dan mencegah masuknya air ke dalam telinga.
  2. Telinga Tengah
    Fungsinya untuk menerima suara yang ditangkap oleh telinga bagian luar dan menyalurkannya ke telinga bagian dalam. Terdiri dari:
    ✅ Gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran bunyi dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam.
    ✅ 2 tulang pendengaran (osikel) tulang martil, landasan dan sanggurdi berfungsi untuk memperkuat getaran dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam.
    ✅ Saluran Eustachio’s berfungsi untuk menghubungkan ruang telinga dan rongga mulut. Saluran ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara di dalam rongga telinga bagian tengah tetap sama dengan tekanan udara di luar telinga sehingga gendang telinga tidak pecah.
  3. Telinga Dalam.
    Berfungsi untuk menerima getaran bunyi dari telinga tengah dan menghantarkannya ke otak. Terdiri dari:
    ✅ Rumah siput (cochlea), di bagian dalamnya terdapat cairan limfa dan mengandung ujung-ujung saraf pendengar. Berfungsi untuk mengubah impuls dan meneruskannya ke otak.
    ✅ 3 saluran setengah lingkaran berfungsi untuk alat keseimbangan tubuh.
Baca juga :  Soal dan Pembahasan Kelas 4 TEMA 1 Subtema 1

B. Cara Kerja Telinga Manusia

Cara kerja telinga adalah sebagai berikut, getaran bunyi dikumpulkan oleh daun telinga kemudian diteruskan masuk ke lubang telinga. Dari lubang telinga getaran bunyi berturut-turut menggetarkan gendang telinga, tulang pendengaran, rumah siput dan cairan limfa. Ketika cairan limfa bergetar maka akan merangsang ujung saraf pendengaran yang kemudian akan menyampaikan ke otak. Sesampainya di otak, getaran bunyi akan diterjemahkan menjadi bunyi yang kita dengar.

 

C. Kelainan Pada Telinga Manusia

  1. Tuli Konduksi
    Penyakit yang diakibatkan oleh pecahnya gendang telinga, tersumbatnya lubang telinga dan akibat pengapuran tulang pendengaran.
  2. Tuli Saraf
    Disebabkan rusaknya jaringan pendengaran.
  3. Congek
    Disebabkan oleh infeksi bakteri yang berkembang di bagian telinga dalam.
  4. Otitis Media
    Merupakan infeksi pada bagian telinga tengah oleh kuman mengakibatkan telinga bernanah. Jika tidak segera diatasi nanah akan mendesak gendang telinga sehingga pecah.
  5. Oto sklerosis
    Kelainan pada tulang pendengaran yang mengakibatkan tuli.

D. Menjaga Kesehatan Indera Pendengar / Telinga Manusia

Beberapa hal dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan indera pendengar antara lain:
1. Menjaga kebersihan telinga sehingga saluran telinga tidak tersumbat.
2. Hindari membersihkan telinga dengan benda yang tajam dan kotor.
3. Menghindari bunyi yang terlalu keras.
4. Jika ada gangguan pada telinga segera periksa ke dokter THT.
5. Bersihkan telinga dengan benda lunak seperti kapas pembersih.

Baca juga :  5 Strategi Belajar Anak Yang Tepat Dan Efektif Yang Harus Kamu Tau

E. Fungsi Lain Telinga manusia

Tidak hanya mendengar, telinga juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh kita yang terdiri dari dua komponen, di antaranya:

  • Keseimbangan statis, yaitu keseimbangan statis berarti kemampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan pada posisi tetap atau berdiri.
  • Keseimbangan dinamis, yaitu keseimbangan dinamis yaitu kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan ketika bergerak.

Bagian telinga manusia yang berperan terhadap keseimbangan adalah tiga kanal semicircular yang berisi ribuan rambut sangat kecil dan berisi cairan. Ketika Anda menggerakkan kepala Anda, cairan yang ada di dalam ketiga kanal ini akan bergerak.

Cairan inilah yang kemudian akan menggerakkan rambut-rambut kecil tersebut dan mengirimkan sinyal ke otak mengenai posisi kepala Anda. Setelah itu, otak akan menyampaikan pesan ke otot untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Setelah kita tahu betapa besar anugerah yang berikan Tuhan kepada kita semua melalui alat pendengaran kita yang sering kita sebut dengan telinga manusia. mari kita menjaganya dengan baik dan mensyukuri atas nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita semua. dengan alat pendengaran ini kita bisa mendengar guru mengajar, suara burung berkicau, musik dll. bagaimana adik adik sudah mengertikan tentang materi hari ini tentang indra pendengar yaitu telinga. semoga ada manfaat dan berkah. jika ada yang belum di pahami bisa tanya tanya di kolom komentar ya. salam suksess luar biasa dan semangat terus dalam belajar ya semoga kalian menjadi bintang sekolah dan bintang masa depan bangsa. amin

 

Gravatar Image
Lahir di Majapahit yang sekarang lebih di kenal dengan nama Mojokerto. Menimba ilmu serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari dari Pengalaman hidup dan menjadi lebih baik.