Semangat Belajar Hingga 200% Begini Cara Membangkitnya

Posted on

Belajar tepat cepat adalah dengan cara  Merubah mindset (pola fikir) anda, karena pola fikirlah yang akan memperangaruhi usaha anda. semangat belajar tidak akan bisa maksimal jika kita tidak merubah pola fikir kita dalam belajar. karena pola fikir merupakan aspek utama yang harus dirubah. mengapa pola fikir kita harus dirubah berikut penulis jelaskan alasan mengapa pola fikir harus dirubah dan   selanjutnya pola fikir yang bagaimana yang harus anda rubah dan di sesuaikan. belajar adalah ibadah bukan beban, keginiusan adalah hasil proses belajar bukan hasil kelahiran / keturunan, manusia terlahir sebagai pemenang bukan pecundang, beda perjuangan beda hasilnya, kesuksesan bukan kebetulan tapi perlu perencanaan dan bodoh itu dosa. di bawah ini kami jelas lebih detail baca dengan semangat dan serius ya.

belajar
belajar

  1. belajar adalah ibadah bukan suatu beban.
    belajar adalah ibadah Seorang yang sudah merubah makna belajar menjadi makna ibadah maka siswa tersebut tak akan perna lelah selalu dan selalu mencari sumber ilmu, dan itu dilakukan dengan kesadaran diri yang tinggi tulus dan ikhlas. bukan menghalalkan segala cara hanya untuk mendapatkan nilai yang terbaik. ketika siswa hanya berdasarkan nilai hasil akhir bukan prosess belajarnya., maka siswa tersebut telah terjebak dan tertipu oleh kamuflase arti belajar. ini sangat berbahaya dalam perkembangan diri selanjutnya, gejala tersebut mungkin sudah banyak terjadi dalam masyarakat kita. sehingga banyak siswa yang lulus ujian tetapi tidak menguasai apa yang di pelajarinya. banyak juga sarjana yang mendapat ijazah namun tidak kompeten di bidangnya. seorang siswa yang sudah bisa merubah makna belajar menjadi makna ibadah siswa tersebut juga mempunyai disiplin yang tinggi, baik terhadap waktu maupun di siplin dalam proses pembelajaran. dia mempunyai jadwal yang teratur mempunyai catatan yang relative lebih lengkap, tidak malu bertanya selalu serius dalam belajar , memperhatikan gurunya , bahkan rela berbagi ilmu dengan teman yang belum mengerti. sudah kah itu semua ada pada diri anda ….?? kalau belum , tidak ada salahnya segera merubah diri.
  2. Keginiusan adalah hasil Proses belajar bukan hasil kelahiranManusia memang di lengkapi otak yang luar biasa, tapi apalah arti semua itu kalau kita tidak pernah mengasahnya, mungkin anugrah yang besar itu akan berkurang bahkan hilang.Kita bisa bercermin bagaimana tokoh-tokoh besar dunia tanpa lelah selalu memanfaatkan dan mengasah kecerdasannya dengan menggali dan bereksprimen tentang berbagai pengetahuan.Membaca adalah suatu kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan,mungkin kita sering mendengar bagaimana tingkat minat baca orang di negara kita dabandingkan dengan dinegara yang sudah maju, secara jujur kita harus mengakui bahwa minat baca dinegara kita lebih rendah dari negara maju tersebut.padahalkita tahu membaca adalah pintu berbagai ilmu. kegeniusan seseorang tergantung dari seberapa besar orang tersebut memanfaatkan otaknya, semakin banyak manusia itu belajar, maka semakin banyak pula informasi yang masuk kedalam otaknya. multiple intelegenci (kecerdasan kompleks), dimana tumbuh dan berkembangnya kecerdasan tersebut tergantung dari kecendurungan orang tersebut mengembangnya, seorang yang lebih sukabahasa maka kecerdasan linguistic yang dominan dikembangnya, seorang yang suka hitungan. kecenderungan orang tersebut hanya mengembangkan kecerdasan logicnya, tetapi kalau kita bisa mengembangkan seluruh kecerdasan yang kita miliki, maka kita tentunya menjadi orang yang genius.

    belajar tepat cepat dengan menyesuaikan pola fikir berikut

  3. Manusia di lahirkan untuk jadi Pemenang bukan pecundang
    Sering kita mendengar bagaimana proses pembentukan manusia dalam kandungan, perjuangan ratusan ribu sel sperma yang berusaha untuk membuahi sel telur, tetapi hanya ada satu sel sperma yang mampu membuhai sel telur itu. ini menunjukkan bahwa manusia adalah hasil dari perjuanagan sel sperma yang telah memenangkan kompetisi dari sekian banyak sel sperma. suatu isyarat bahwa kita dilahirkan untuk jadi pemenang bukan pecundang.Tetapi seiring perjalanan dalam proses kehidupan banyak dari kita tidak menyadari hal itu, sehingga mental pemenang bisa hilang dalam diri manusia. Alangkah indahnya apabila kita masih mengetahui dan terus mempertahanan mental pemenang tersebut. maka hidup kita akan bersemangat, selalu optimis, dan cenderung bekerja keras. dalam belajarpun kita harus selalu rajin dan haus akan ilmu, karena itulah investasi dalam mencapai tujuan sebagai pemenang. kalau dalam pikiran anda selalu mengatakan  ” saya bisa menjadi pemenang ” dan pikirkan ini selalu kita ulang setiap hari, maka secara otomatis dalam diri anda akan ada energi kemenangan , dan anda telah siap untuk membuktikan serta  mewujudkan prestasi kemenangan tersebut, BUKTIKAN….!!!!
  4. Beda perjuangan, beda hasilnya
    Kita harus meyakini bahwa besarnya hasil yang kita inginkan adalah sebanding dengan perjuangan yang kita lakukan. jika pola fikir itu sudah tertancap dalam pikiran kita, maka akan ada energy yang akan memotivasi kita untuk selalu memperjuangkan tujuan kita. mungkin kita perna bertanya dalam diri kita mengapa dalam waktu yang sama seorang dokter mempunyai  pendapatan yang lebih besar dibanding seorang penyapu jalanan. kita terkadang tidak menyadari bahwa proses untuk menjadi dokter memerlukan perjuangan yang lebih besar di bandingkan seorang penyapu jalanan. sehingga wajar jika kalau pendapatan dokter lebih besar dari penyapu jalanan. dalam belajarpun saya yakin berlaku hukum yang sama , siswa yang lebih rajin pasti akan mendapat ilmu yang lebih banyak dan itu juga sebanding dengan hasil yang akan di terimanya begitu juga sebaliknya.
  5. Kemampuan kita luar biasa bukan sekedar biasa
    Diantara makhluk yang di ciptakan Tuhan, maka manusialah yang d beri kemampuan yang lebih besar, manusia bisa lebih baik kalau menggunakan seluruh potensi yang ada pada dirin, tetapi bia lebih jelek dari binanatang apabila kita mengabaikan potensi kita, manusi di beri kecrdasan emosi bahan juga di lengkapi kecerdasan spiritual, biakah kita menyeimbangkan ketiga keerdasaan itu serta memaksimalkannya ? jika ada bisa, maka kemampuan lur biasa yang anda dapatkan . dalam teori kecerdasan didalam diri manusia juga terdpat apa yang kita kenal dengan Multiple intelegence, yaitu kecerdasan majemuk yang terdiri dari kecerdasan Verbal / Linguistic ( kecerasan dlabahasa ), kecerdasan Visual / Spatial ( kecerdasan gambar )kecerdaan musicl / Rhytmic , kecerdasan logic / Mathematic ( Kecerdasan hiungan ) , Kecerdasan kinesthetic ( gerkan tubuh ) , kecerdasan intrapersonal ( memahami diri sendiri ) , kecerdasan interpersonal ( memahami orang lain ), dsb. mana kecerdasan tersebut yang telah kita optimalkan ?,ataukah kita hanya mengotimalkankecerdasan tertentu saja?. semua pilihan tergantung darikita , tetapi kalau kita telah mengetahui dan memahami serta mengembangkan kecerdaan itu tentu akan ebih besar manfaat yang kita dapatkan.
  6. Kesuksesan bukan kebetulan tapi perlu di rencanakan
    Mungkin diantara kita masih ada yang beranggapan bahwa kesuksesan adalah nasib, atau bahkan suatu takdir. pemikiran tersebut adalah hak setiap orang. tetapi bukanlah agama mengajarkan kita bahwa manusia di wajibkan untuk berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. ibaratkan kita membangun sebuah rumah, kira kira bagaimana hailnya bila pembangunannya di rencanakan di bandingkan dengan tanpa ada perencanaan ?, saya yakin pasti hasilnya lebih baik dengan perencanaan yang matang. untuk merencanakan kesuksesan itu di perlukan mulai dari impian ( tujuan ) yang jelas, keyakinan tentang kesuksesan tersebut, bahkan usaha dan strategi juga harus jelas. yang kesemuanya itu harus di rencanakan secara optimal , sehingga hasilnyapu akan maksimal. perlu kita ingat mnusia hanya wajib berusaha sedangkan hasilnya tetap kita serahkan pada yang maha Kuasa.
  7. Bodoh itu dosa
    Belajar adalah kewajiban bagi kita, bahkan ayat prtama yang turun dalam Alquran adalah tentang Iqra’ yang artinya bacalah, ini menunjukan bahwa manusia tidak boleh bodoh, manusia harus terus belajar baik dari dalam diri manusia itu maupun dari luar manusia itu sendiri. bahkan kita di anjurkan menuntut ilmu hingga cina, itu menunjukkan bahwa seberapapun jauhnya kita tetap di perintahkan untuk menuntut ilmu. dari segi waktupun kita diperintakan untuk menuntut imu mulai dari kandungan ibu sampai akhir hayat, itu menunjukkan juga bahwa menuntut ilmu tidak memandang usia hal ini sangat beralasan karena ALLAH SWT merupakan sumber ilmu, mungkin kita juga juga sering mendengar jikalau pepohonon dijadikan penanya serta air laut sebagai tintanya , maka semua itu tidak akan cuku untuk menulis ilmu ALLAH.
Baca juga :  5 Strategi Belajar Anak Yang Tepat Dan Efektif Yang Harus Kamu Tau

dari uraian diatas sebenarnya sudah jelas bahwa manusia tidak boleh bodoh, karena kebodohan akan mendekatkan kepada kekufuran , maka wajib bagi kita untu menuntut ilmu. lalu selanjutnya bagaimana… apa masih bermalas malasan > atau sudah kembali semangatnya dalam menuntut ilmu ?, pastikan anda bersemangat dan ikhlas dalam menuntut ilmu, dan yakinlah setiap jangkah langkah anda akan mendapat pahala dari ALLAH SWT , jika kita menuntut ilmu. bagaimana mind set ( pola fikir ) anda ? apa sudah di rubah ? kalau sudah anda bisa lanjutkan untuk mencitai pelajaran. jika belum Rubahlah dulu biar tidak sia sia hidup ini.

Baca juga :  Zoom Unmilited 24 Jam Media Melajar Interaktif

Gravatar Image
Lahir di Majapahit yang sekarang lebih di kenal dengan nama Mojokerto. Menimba ilmu serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari dari Pengalaman hidup dan menjadi lebih baik.