Jadwal Dan Persyaratan SNMPTN UTBK SBMPTN KIP-K Tahun 2021

Diposting pada

artikelguru.com– Salam Sejahtera bagi kita semua sahabat pendidik dan semua Pelajar dimanapun berada. Pada artikel kali ini kita berbagi informasi dari  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yaitu Lembaga penyelenggara tes yang tetap, kredibel, proporsional, efisien dan efektif. Dalam Penerimaan Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021. Ada beberapa Perubahan diantaranya sebagai berikut :

  • Peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi (PT).
  • Terdapat tiga jalur seleksi masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri.
  • Pengembangan model proses seleksi sesuai perkembangan teknologi informasi, dan era digitalisasi melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
  • Model tes dan seleksi calon mahasiswa baru mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel

FUNGSI dan TUJUAN

Fungsi :

  • Mengelola dan mengolah data calon mahasiswauntuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor/direktur PTN.
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK.
  • Menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan.

Tujuan :

  • Melaksanakan tes masuk PT yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  • Membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik ataunilai akademik dan prestasi lainnya, melalui jalur SNMPTN.
  • Membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lainyang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SBMPTN.

 

JALUR DAN KUOTA

snmptn utbk sbmptn
snmptn utbk sbmptn

SNMPTN : MINIMUM 20% kuota masuk jalur SNMPTN Berdasarkan Nilai Akademik saja atau Nilai Akademik dan Prestasi lainnya (yang ditentukan oleh PTN). Biaya ditanggung Pemerintah.

SBMPTN : MINIMUM 40% kuota masuk jalur SBMPTN Berdasarkan dari hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan Kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN). Pelaksanaan tes menggunakan Komputer dan Biaya di tanggung oleh peserta dan subsidi Pemerintah.

SELEKSI MANDIRI : Maksimum 30% dan dapat menggunakan hasil UTBK

SINGLE SIGN ON (SSO)

snmptn utbk sbmptn
snmptn utbk sbmptn

Seperti pada tahun sebelumnya, bahwa pendaftaran SNMPTN UTBK Dan SBMPTN Tahun 2021 wajib memiliki akun di LTMPT, Registrasi akun LTMPT melalui portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id dengan rincian sebagai berikut:

  • Pengisian PDSS Oleh Sekolah dan Pendaftaran SNMPTN; Registrasi Akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN 04 Januari 2021 – 01 Februari 2021 (Lulusan Tahun 2021 & ikut SNMPTN).
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN; Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK – SBMPTN 07 Februari 2021 – 12 Maret 2021.
Baca juga :  6 Manfaat Belajar Yang Perlu Kamu Ketahui

 

PANGKALAN DATA SEKOLAH DAN SISWA (PDSS)

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

 

SNMPTN TAHUN 2021

A. Persyaratan Sekolah SNMPTN 2021

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  • Ketentuan Akreditasi Sekolah/Madrasah, adalah sebagai berikut: a) Akreditasi A: 40 % siswa terbaik di sekolahnya; b) Akreditasi B: 25 % siswa terbaik di sekolahnya; c) Akreditasi C dan lainnya: 5% siswa terbaik di sekolahnya.
  • Mengisi PDSS. Data siswa yang diisikan hanya yang eligel (berhak) yakni yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

B. Persyaratan Peserta SNMPTN 2021

Siswa SMA, SMK, MA dan MAK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul;

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN);
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS;
  • Memiliki nilai rapor pada semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS; dan
  • Untuk Siswa yang memilih program studi pada bidang seni & olahraga wajib mengunggah Portofolio bidang seni dan olahraga.

C. Pilihan Program Studi (Prodi)

  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN;
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang samadengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

snmptn utbk sbmptn
snmptn utbk sbmptn

KETENTUAN PEMERINGKATAN SISWA OLEH SEKOLAH

A. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

  1. Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian
Baca juga :  Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang SD 2021

B. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

C. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

 

Tahapan pemeringkatan siswa oleh sekolah secara lengkap dapat dilihat pada informasi SNMPTN 2021. (diunduh di laman resmi LTMPT, https://www.ltmpt.ac.id)

JADWAL KEGIATAN SNMPTN 2021

snmptn utbk sbmptn
snmptn utbk sbmptn

PERSYARATAN PESERTA UTBK

Pelaksanakan UTBK Tahun 2021 dilaksanakan dalam 2 gelombang tes yakni pada tanggal 12 April 2021 hingga 02 Mei 2021.

Adapun ketentuan peserta UTBK Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akun di LTMPT.
  2. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 (dua belas) pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (pada tanggal 1 Juli 2021).
  3. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
  4. Persyaratan Peserta; a) Peserta yang memilih program studi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek; b) sedangkan Peserta yang memilih program studi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum; c) Dan untuk Peserta yang memilih program studi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  5. Serta, Hasil UTBK berlaku dan dipergunakan untuk penerimaan UTBK pada tahun 2021.
  6. Membayar biaya UTBK untuk Kelompok Ujian Saintek atau Kelompok Ujian Soshum sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) sebesar Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah).

 

MATERI UTBK 2021

TES POTENSI SKOLASTIK (TPS)

TPS mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah KEMAMPUAN PENALARAN UMUM, KEMAMPUAN KUANTITATIF, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM, serta KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa.

TES KOMPETENSI AKADEMIK (TKA)

Mengukur PENGETAHUAN dan PEMAHAMAN KEILMUAN yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok Ujian UTBK 2021, Tahapan Pendaftaran UTBK 2021, Lokasi UTBK 2021, Pelaksanaan UTBK 2021, Waktu Pelaksanaan dan Ketentuan SBMPTN 2021 Serta Jadwal UTBK-SBMPTN 2021 Bisa Sahabat Pendidik download di sini Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun 2021  Update 13 Desember 2020

Demikianlah informasi tentang Jadwal Dan Persyaratan SNMPTN UTBK SBMPTN KIP-K Tahun 2021, semoga bermanfaat dan berkah Amin. artikelguru.com

Berikut artikel terkait SNMPTN UTBK SBMPTN

 Program Pengarahan Jurusan Prodi

4 Tips SNMPTN Maksimalkan Peluangmu Dengan Cara Cerdas

SNMPTN ANALISIS SYSTEM

Gambar Gravatar
Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya. Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian.