Linux Dasar Sistem Administrasi pada Linux I Bagian 1

Posted on

Linux Dasar Sistem Administrasi pada Linux I Bagian 1

linux
linux

Panduan ini menyajikan kumpulan masalah umum dan tip berguna untuk administrasi sistem Linux. Baik Anda pemula dalam administrasi sistem atau telah memelihara sistem selama beberapa waktu, kami berharap kumpulan perintah Linux dasar ini akan membantu Anda mengelola sistem dari baris perintah.

Basic Configuration Permalink

Tips ini mencakup beberapa langkah dasar dan isu-isu yang dihadapi selama awal konfigurasi sistem. Kami menyediakan panduan Memulai umum untuk kenyamanan Anda jika Anda baru mengenal Linode dan administrasi sistem Linux dasar. Selain itu, Anda mungkin menemukan panduan Pengenalan Konsep Linux kami berguna.

Set the Hostname
Ikuti petunjuk kami untuk menyetel nama host Anda. Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk memastikannya diatur dengan benar :

hostname
hostname -f

Perintah pertama harus menunjukkan nama host singkat Anda, dan yang kedua harus menunjukkan nama domain Anda yang memenuhi syarat (FQDN).

Set the Time Zone
Saat menyetel zona waktu server Anda, mungkin yang terbaik adalah menggunakan zona waktu dari sebagian besar pengguna Anda. Jika Anda tidak yakin zona waktu mana yang terbaik, pertimbangkan untuk menggunakan Waktu Koordinasi Universal atau UTC (mis., Waktu Rata-rata Greenwich).

Secara default, Linode diatur ke UTC. Banyak sistem operasi menyediakan metode interaktif bawaan untuk mengubah zona waktu :

Set the Time Zone in Debian or Ubuntu
Keluarkan perintah berikut dan jawab pertanyaan seperti yang diminta di layar :

dpkg-reconfigure tzdata

Set the Time Zone in CentOS 7 or Arch Linux
1). Lihat daftar zona waktu yang tersedia:

Baca juga :  Dasar Jaringan Komputer Kelas 10 SMK

timedatectl list-timezones

Gunakan tombol Atas, Bawah, Page Up dan Page Down untuk menavigasi ke zona yang benar. Ingat, tulis atau salin sebagai pilihan mouse. Kemudian tekan q untuk keluar dari daftar.

2). Setel zona waktu (ubah America / New_York ke zona yang benar):

timedatectl set-timezone ‘America/New_York’

Set the Time Zone Manually on a Linux System
Temukan file zona yang sesuai di / usr / share / zoneinfo / dan tautkan file itu ke / etc / localtime. Lihat contoh di bawah untuk lebih jelasnya :

linux
linux2

Configure the /etc/hosts File

File / etc / hosts menyediakan daftar alamat IP dengan nama host yang sesuai. Hal ini memungkinkan Anda menentukan nama host untuk alamat IP di satu tempat di mesin lokal, dan kemudian membuat beberapa aplikasi terhubung ke sumber daya eksternal melalui nama hostnya. Sistem file host mendahului DNS, dan file host selalu diperiksa sebelum DNS dipertanyakan. Hasilnya, / etc / hosts dapat berguna untuk memelihara jaringan “internal” kecil, untuk tujuan pengembangan, dan untuk mengelola cluster.

Beberapa aplikasi mengharuskan mesin mengidentifikasi dirinya sendiri dengan benar di file / etc / hosts. Akibatnya, kami merekomendasikan untuk mengonfigurasi file / etc / hosts segera setelah penerapan.

Berikut ini file contoh :
/etc/hosts

127.0.0.1 localhost.localdomain localhost
103.0.113.12 username.example.com username

Anda dapat menentukan sejumlah nama host pada setiap baris yang dipisahkan oleh spasi. Setiap baris harus dimulai dengan satu dan hanya satu alamat IP. Pada contoh di atas, ganti 103.0.113.12 dengan alamat IP mesin Anda. Pertimbangkan beberapa entri / etc / hosts tambahan :
/etc/hosts

Baca juga :  System Administrasi Dasar Pada Linux I Bagian 2

198.51.100.30 example.com
192.168.1.1 stick.example.com

Dalam contoh ini, semua permintaan untuk example.com hostname atau domain akan menyelesaikan ke alamat IP 198.51.100.30, yang melewati catatan DNS untuk example.com dan mengembalikan sebuah situs alternatif.

Entri kedua memberi tahu sistem untuk melihat 192.168.1.1 untuk domain stick.example.com.

Jenis entri host ini berguna untuk menggunakan jaringan “pribadi” atau “saluran belakang” untuk mengakses server lain dalam sebuah cluster tanpa perlu mengirimkan lalu lintas ke jaringan publik.

Network Diagnostics

Di bagian ini, kami akan meninjau beberapa perintah Linux dasar yang akan membantu Anda menilai dan mendiagnosis masalah jaringan. Jika Anda mencurigai adanya masalah konektivitas, menambahkan keluaran dari perintah yang relevan ke tiket dukungan Anda dapat membantu staf kami mendiagnosis masalah Anda. Ini sangat membantu dalam kasus di mana masalah jaringan kadang-kadang terjadi.

untuh hari ini Dasar-dasar Administrasi Sistem Linux sampai di sini dulu ya selanjutnya pada Linux Dasar Sistem Administrasi pada Linux I Bagian 2 akan kami bahas tentang The ping Command , The traceroute Command, The mtr Command jangan sampai ketinggalan ya belajar unik dan asik di artikelguru.com

Gravatar Image
Lahir di Majapahit yang sekarang lebih di kenal dengan nama Mojokerto. Menimba ilmu serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari dari Pengalaman hidup dan menjadi lebih baik.