5 Strategi Belajar Anak Yang Tepat Dan Efektif Yang Harus Kamu Tau

Posted on

Strategi belajar anak yang tepat dan efektif merupakan faktor yang sangat penting bagi kita, karena dengan strategi belajar yang tepat dan efektif akan menambah motivasi diri atau semangat belajar sehingga punya mental yang kuat dalam belajar. seserang yang menguasai banyak strategi belajar akan semakin kreatif dan dapat mengurangi bahkan bisa menghilangkan kebosanan dalam belajar. ada banyak strategi belajar yang efektif yang bisa kita lakukan sebagai berikut :

5 strategi belajar yang tepat dan efektif

1). STRATEGI MENGULANG

strategi
pngegg.com

Strategi belajar Mengulang adalah salah satu cara untu menguatkan informasi dalam otak kita. kecenderungan otak kita akan lupa sejalan dengan banyaknya informasi yang kita dapat. informasi yang lama akan tertumpuk informasi yang baru tetapi dengan pengulangan maka informasi yang kita inginkan yang akan dominan dalam otak kita. Luangkan waktu minimal 30 menit untuk mengulang pelajaran yang telah diberikan bapak/ibu guru,sebelum datang informasi baru yang masuk ke otak anda. Untuk materi yang lebih sulit dan komplek, mengulang dapat diikuti dengan memberi garis bawah pada inti bacaan atau juga bisa dengan membuat catatan pinggir maupun dengan peta konsep ataupun mind mapping.

2).STRATEGI ELABORASI

Strategi belajar Elaborasi merupakan proses penambahan rinciian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna ,strategi ini bisa dilakukan dengan :

A. Membuat catatan

Strategi belajar dengan Cara membuat catatan yang baik adalah dengan menggabungkan penggunaan otak kiri dan otak kanan, otak kiri lebih cendrung linier sedangkan otak kanan kita bersifat kreatif,imajinatif yang akan menambah menarik pada catatan kita,catatan tidak hanya terdiri huruf kalimat saja tetapi dapat diberi gambar ataupun warna yang lebih menarik.

B. Analogi

belajar Analogi adalah membuat perbandingan untuk menunjukkan kesamaan antara ciri-ciri pokok suatu benda atau ide-ide,seperti jantung dengan pompa , otak dengan cpu,dll

C. PQ4R

Strategi belajar PQ4R adalah strategi yang digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat apa yang mereka baca. P merupankan singkatan dari preview (membaca selintas dengan cepat),Q adalah question (bertanya),dan 4R singkatan dari read (membaca),refllect (refleksi),recite (tanya -jawab sendiri),review (mengulang secara meyeluruh).Melakukan preview dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebelum membaca mengaktifkan pengetahuan awal dan mengawali proses pembuatan hubungan antara informasi baru dengan apa yang telah diketahui. Mempelajari judul-judul atau topik-topik utama membantu Kita sadar akan  bahan-bahan baru tersebut,sehingga memudahkan perpindahannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang secara berkala.

Baca juga :  4 Tips SNMPTN Maksimalkan Peluangmu Dengan Cara Cerdas

3). STRATEGI ORGANISASI

belajar organisasi adalah strategi pengelompokan materi yang  sejenis. untukmemudahkan kita dalam mencari , menghafalkan maupun memahami materi tersebut. yang termasuk strategi organisasi di antaranya adalah :

A. Outlining

Outlining adalah membuat garis besar yang menghubungkan beberapa macam topik atau ide dalam suatu materi dengan topik materi utama.

B. Peta konsep

Peta konsep adalah materi secara garis besar menuju materi yang terperinci . sehingga siswa lebih mengenal materi secara menyeluruh baru kemudian memahami perbagian.

C. Mnemonics

Mnemonics adalah metode untuk menata informasi yang menjangkau ingatan kita dalam pola-pola yang di kenal atau mudah di fahami sehingga lebih mudah masu dala memori jangka panjang.

D. Chuking

Chuking adaah metode memahami materi dengan cara membagi beberapa kelompok materi sehingga lebih mudah dalam mengingatnya .

E. Akronim

Akronim adalah membuat singkatan agar mudah di ingat misalnya KMB ( konferensi meja bundar )

F. Metakognetif

Metakognetif adalah strategi yang berhubungan dengan pengetahuan siswa tentang cara berfikir mereka sendiri dan kemampuan mereka menggunakan strategi-strategi belajar tertentu dengan cepat.

4. STRATEGI BELAJAR MURDER

MURDER singkatan dari

Mood ( suasana hati )

Belajar hendaknya di lakukan saat suasana hati kita senang, gembira, tanpa tekanan, sehingga kita dalam belajar terasa enjoy santai dan bisa memahami apa yang kita pelajari.

Understand ( Pemahaman )

Pemahaman adalah tahap yang sangat menentukan bagi belajar kita, jangan sampai yang kita pelajari tidak mengerti atau tidak di fahami. untuk itu di perlukan konsentrasi yang tinggi terhadap apa yang kita pelajari.

Recall ( pengulangan )

Pengulangan tiap sub bab dengan menggnakan kata kata sendiri.  semangkin banyak kita mengulang semakin banyak informasi dalam otak kita tentang materi yang kita pelajari.

Digest ( Telaah )

Fikirkan kembalimateri materi yangbelum kamu mengerti , kemudian cari sumber yang lain yang berhubungan dengan materi tersebt bisa dengan tana teman guru atau guru les. sampai kamu benar benar memahaminya.

Expand ( Kembangkan )

Mengembangkan materi baik dengan eksperimen maupun dengan menghubungkan materi yang lain yang sesuai sehingga apa yang di pelajari bisa menyeluruh.

Review ( Pelajari kembali )

Pelajari  Kembali untuk jangka waktu tertentu, sehingga apa yang kita pelajari tidak lupa. hal ini seiring dengan banyaknya informasi yang masuk kedalam otak.

Baca juga :  Soal dan Pembahasan PTS Kelas 3 TEMA 1 Sub tema 1 dan 2

 

5. STRATEGI BELAJAR MASTER

MASTER adalah singkatan dari

MOTIVATION ( motivasi )

Sebelum belajar kita harus pastikansudah ada motivasi diri untuk belajar, baik itu fikiran maupun fisik kita. besar kecilnya motivai ini akan mempengaruhi energi yang akan anda kelurkan dalam belajar. motivasi yang maksimal akan dapat menghasilkan yang maksimal pula dari hasil belajar.

AQUIRING ( Memperoleh informasi )

Dalam belajar kita harus memperoleh ataumenemukan makna yang kita pelajari. tanpa ada makna yang jelas berarti tidak ada manfaatyang kita pelajari dan itu sama dengan pemborosan waktu. sejauh mana makna belajar yang kita dapatkan itu sangat menentukan keberhasilan kita dalam belajar.

SEARCHING ( Menyelidiki / mencari )

Belajar efektif dapat berarti pula menyelidiki suatu objek atau mencari tau suatu materi dengan sumber materi yang jelas. maka semangkin fokus kita dalam belajar maka akan semangkin jelas apa yang akan kita pelajari. tentu dalam hal ini akan mempermudah kita dalam memahami materi tersebut.

TRIGGERING ( Pemicu )

Pemicu juga dapat mempengaruhi belajar yang efektif kita, orang bisa rajin belajar karena ada pemicunya , menetapkan tujuanyang jelas merupakan contoh pemicu kita dalam belajar. semangkin besar pemicu dalamdiri kita maka akan semakin rajin kita belajar.

EXHIBITING ( Menunjukkan )

Menunjukkan atau mempresentasikan adalah cara efektif dalam belajar. dengan mempresentasikan apa yang ita pelajari maka akan secara otomatis kita kan berfikir dan mengulang memory yng telah kita simpan dalam otak.

REFLECTING ( merenungkan )

renugkan kembali apa yang telah kita pelajari .sangat efektif sehingga kita tau bagian mana yang sudah kita kuasai / fahami dan bagian mana yang belum kita kuasai materi tersebut. dengan demikian kita bisa fikirkan pula manfaat yang sudah kita pelajari dan bagaimana cara mengembangkannya.

 

diatas hanyalah beberapa contoh strategi dan cara belajar yang efektif yang bisa dilakukan anda lakukan. strategi ini tergantung dari kecocokan kita dalam memiih cara belajar yang efektif. silahkan gunakan strategi yang menurut anda sesuai dengan anda  dan mudah bagi anda. Selamat belajar

Gravatar Image
Lahir di Majapahit yang sekarang lebih di kenal dengan nama Mojokerto. Menimba ilmu serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari dari Pengalaman hidup dan menjadi lebih baik.